.: Free Stuffs for You :.

……… and many more for you

Ikan Belut (Eel) – Makanan enak bergizi sekaligus peluang bisnis

Posted by Angga99 on January 25, 2009

BelutSiapa yang belum pernah makan belut? Bagi sebagian orang ada yang merasa geli, namun sebagian orang lagi merasa bahwa belut adalah makanan yang lezat. Kalau menurut saya sih enak2x aja rasanya hehehe. Masakan belut paling enak pernah saya rasakan di Semarang, belutnya di bikin mangut, rasanya pedas2x asem gurih, pokoknya enak lah.

Ternyata belut sangat disukai oleh orang-orang luar negeri lho, bahkan permintaan belut di luar negeri sangat besar dan belum terpenuhi. Negara-negara pengimpor belut diantaranya adalah Jepang, Belgia, Spanyol, Perancis, Belanda, Jerman, Hongkong dan Denmark. Lebih lanjut, potensi belut sebagai komoditi ekspor bisa anda lihat di http://budidayafurniture.blogspot.com/2007/09/belut.html . Nah ini adalah kesempatan bagi petani2x ikan di Indonesia untuk memanfaatkan peluang ekspor ini.

Belut itu enak dan bergizi

Kalau kata emak saya sih belut itu bisa bikin pinter (emang bener gitu ???) dan bergizi. Kita tanyakan saja pada ahlinya …. mengenai kandungan gizi dan khasiat belut ini saya kutip dari http://www.trobos.com/show_article.php?rid=15&aid=759 . Menurut Drs Roy Ruslan MM, trainer budidaya belut dari PT Dapetin (Jakarta), rasa khas dan nilai gizi belut telah membuat banyak konsumen ikan di Jepang dan Eropa menggemari makhluk penghuni lumpur ini. “Terutama kandungan protein dan vitamin  A,” tegasnya. Belut utuh (non fillet) size 15 – 20 juga sangat bagus sebagai sumber kalsium. Konon, belut juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Sayang, Roy mengaku belum mendapatkan angkanya. Selain karena nilai gizinya, khasiat yang secara empirik dibuktikan oleh konsumen juga menjadi pendorong tingginya permintaan belut. Belut fillet mentah –disajikan di restoran Jepang – diyakini  mampu meningkatkan vitalitas. Selain itu belut juga dikenal berkhasiat memperbaiki keseimbangan hormonal sehingga menghambat menopause dan melancarkan ASI.

Peluang bisnis

Seperti yang sudah ditulis diatas, belut memiliki potensi ekspor yang besar. Untuk pasar lokal juga cukup besar. Peluang untuk bisnis makanan berbahan dasar belut juga masih sangat besar. Kebanyakan belut hanya dimasak goreng garing/asap. Dengan lebih mendiversifikasikan masakan belut, maka itu akan menjadi potensi besar untuk meraup rupiah dari berjualan masakan belut.  Saya saat ini tinggal di Yogyakarta, sampai saat ini saya belum pernah ketemu sama yang jualan belut (mentah) di pasar, denger2x sih di Godean ada (ga tau karena bukan asli jogja), tapi itupun katanya belut matang ya alias goreng garing ? Untuk jenis masakan belut yang lain di Yogyakarta saya belum tau (mungkin ada teman2x yang tau?).

Nah setelah berantem kenal lebih dekat dengan belut bagaimana tangapan teman2x terhadap belut?  Di bawah ini ada pooling, mohon kesediaan temen2x untuk mengisinya ya. Terima kasih atas kunjungannya  :)

35 Responses to “Ikan Belut (Eel) – Makanan enak bergizi sekaligus peluang bisnis”

  1. omiyan said

    saya dari dulu dah doyan ma belut…uenak gurih

  2. Belut? Enak tuh…gurih banget…
    Dulu sih banyak di daerahku. Sekarang…dah gak pernah liat tuh

  3. kupret said

    Uenak poll, gurih dab

  4. rampadan said

    wah aku suka tuch..
    tapi udah lama banget gak liat belut..
    udah beberapa taun gak liat belut..

  5. bachan kresna said

    wah kalau masakan belut tuh taun kmr aku sempat buka depot masakan nasi belut crispy,tp sayangnya aku kalah bersaing dagang ama sebelahku.maklum aku gak pake’jimat2an.makanya modalku hbs depotku tutup skr.padahal rencana udah ada 2 calon pewaralaba(frienchester)yang minat mau beli nama produkku.skr ini aku mulai dr nol kumpulin modal untuk buka usaha yg lain dg cara kerja serabutan.

  6. Emang mahal sih belut sekarang, di medan 26rb sekilonya…

  7. ANG said

    @Erwin – Wah bang, di Jogja juga mahal, malah bisa nyentuh 30rb per kilo

  8. Dunia SPG said

    wah saya kurang suka deh kayaknya..
    haha..
    blm pernah makan sih.. :P

  9. iwan said

    iyah sih tapi gmana kalau ginjalnya yang bermasalah….
    makasih yah dah mampir……
    aq termasuk orang yang kagak suka makan belut…..
    walu bergizi….

  10. iwan said

    gi on line yah

  11. Yah sebenarnya enak
    Kan yang membuat spesial itu dari belut tidak memiliki sesuatu yang menggusarkan pikiran terlalu banyak, misal tulang ikandsb
    Tapi menurutku masih lebih enak ikan lele(waduh gak nyambung sama topik)
    Hehehehehhee
    Lam knal

  12. ILYAS ASIA said

    warung makan belut
    bisnis yng luar biasa
    ..
    thank da ke blog aku

  13. adhit said

    wahh rame ki blognya….. hehe

    isih nang jogja sikik wae.. masih menunggu dan menunggu

  14. starwrite said

    waduh gue malah ilang selera kalo liat belut jadi keingat ama ular…..

  15. italina89 said

    belut goreng enak lho.. apalagi masakan ibuku sendiri..hehe

  16. yusuf said

    bagi teman-teman yang mau share cara memasak belut asap, tolong riview ya ke email diatas?

  17. widya said

    Menurut ak sich…. Belut Itu Enak bgt klo Dibikin Cripik Atau Dimasak Seperti lele Goreng Biasa Trus untuk makannya Pake Sambal terasi kasih Perasan Jeruk Limo….Waduh Bisa Nambah Dech Makannya….!!!

  18. j.mustofa said

    iya ..q jg mo nandur welut ah …

  19. Djati said

    Maaf nimbrung…Ada masakan belut yang enak nyuss… di Semarang ada rumah makan special belut … yaitu Mangut Belut…. belutnya belut asap di masak mangut… uenak poll lokasi tepatnya ngak tahu klo nggak salah dari Bandara tapi yang jalannya keatas ke RS Elizabeth?

  20. sandy said

    wuah keliahatannya asyik juga budi daya belut…

  21. sy mempunyai kolam 100 x 100,yang mau saya tanyakan berapa bibit yang ideal untuk ddi tebar?dan di mana saya harus membeli bibit tersebut.saya berdomisili di cianjur…

  22. najmi said

    ane 100% ke nya karna ane pengusaha belut dari jambi.kalo ada teman atau saudara2 yang mau belut bisah pesan darikita baik yang mentah / hidup maupun yang sudah di keringkan.bisah telpon saya ke no hp 085367108841 /085366001984

  23. BIJANTARA said

    yang di semarang klo gak salah Warung Makan Bu H. Basoeki di Jl. Abdul Rahman Saleh No 72 ya? dekat lapangan terbang ya? betul betul betul….. enak banget! saya pernah mampir di sono….
    udah 50th lebih lho warung itu buka….

  24. eros said

    sedari dulu belut bikin selera makan saya mak nyussss!

  25. ai mulyati said

    kalo mau kenal sama pa Drs Roy Ruslan MM, trainer budidaya belut dari PT Dapetin (Jakarta), caranya gmn ya? thanx atas infonya

  26. heri subowo said

    belut wow enak sekali sejak kecil aku suka yang namanya masakan yang ada belutnya,belut penyet pakai sambel n lalapan ada kemanginya pas banget,ada di bangil kab.pasuruan east java belut panggang tanpa dipotong potong jadi dihidangkannya ya utuh tuh kayak belut hidup waktu makannya bingung tuh mulai dari mananya ya tentunya ada lalapannya hehehe ……..akhirnya ya ludes juga masuk keperut

  27. untuk bisnis belut ini untuk indonesia timur kayaknya masih agak susah…

  28. budiono said

    saya agen ikan belut konsumsi

    harga per kg isi 10 ekor 30 rb
    harga per kg isi 35 ekor 26 rb

    hunting
    Budiono

    085234068490

  29. waralaba murah…

    [...]Ikan Belut (Eel) – Makanan enak bergizi sekaligus peluang bisnis « .: Free Stuffs for You :.[...]…

  30. Eko Dihantoro said

    I like it

  31. Heri kiss said

    Aq sagat suka mencari ikan belut

  32. cahya prabowo said

    saya ingin beternak belut. tapi saya tidak tau dimana beli bibit belut nya. kalau ada yang tau tolongin saya ya

  33. cahya prabowo said

    di tanjungbalai harga belut sekarang Rp. 34.000

  34. [...] fullfreestuff.wordpress.com [...]

  35. [...] fullfreestuff.wordpress.com [...]

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

